Jumat, 16 Juli 2010

Memaksimalkan Kinerja Windows XP di Netbook

Belakangan ini trend penggunaan Mobile Computing Device berkembang cukup signifikan. Banyak pengguna Dekstop Computer yang beralih ke Netbook, Laptop dan Tablet PC. Pasar Netbook berkembang cukup pesat karena dimensi dan ukurannya lebih memungkinkan untuk penggunaan Mobile, harganya juga cukup terjangkau. Berbeda dengan Laptop maupun Desktop Computer, Netbook tidak didesain untuk aplikasi berat. Perangkat ini umumnya ditenagai oleh Prosesor Intel Atom dan RAM 1 GB. Untuk dapat menjalankan suatu Computing Device, diperlukan suatu Sistem Operasi atau istilah kerennya sering disingkat dengan OS (Operating System).

Operating System merupakan bagian terpenting dari suatu Computing Device. Ada banyak OS yang kita kenal seperti Windows XP, Vista Seven maupun beberapa OS baru non Microsoft seperti Mac dan Linux. Namun mengingat sumber daya/resources Netbook yang terbatas, Windows XP agak nya masih menjadi pilihan pertama karena tidak memakan banyak resource. Windows Vista maupun Windows Seven tidak saya anjurkan mengingat tampilan grafis interface nya menuntut spesifikasi komputing device yang cukup tinggi. Selain Windows Xp, penggunaan OS Linux juga mulai mulai berkembang meskipun penggunaan nya tidak seluas windows XP yang disebabkan tampilan Interface nya belum begitu familiar di kalangan pengguna computer di Indonesia.

Setelah Windows XP terinstal di Netbook, perlu trik tertentu untuk meningkatkan kinerja nya mengingat sumber daya Netbook sangat terbatas. Berikut ini beberapa trik dan tips untuk memaksimalkan kinerja Windows XP netbook yang saya rangkum dari berbagai sumber.

1. Menonaktifkan Fungsi System Restore.

System restore ibarat suatu check point atau titik pemberhentian yang mencatat perubahan-perubahan dalam system sehingga jika ada gangguan, dengan mudah kita bias mengembalikan atau merestore system kembali ke keadaan semula. Secara default, windows XP menjalankan fungsi ini secara otomatis. Meskipun fungsi nya penting, System Restore ini memakan banyak memory sehingga dengan mematikan fungsi ini akan meningkatkan kinerja netbook. Adapun caranya adalah sebagai berikut :

· Buka Control Panel

· Pilih menu Performance and Maintenance

· Pilih System

· Klik System Restore Tab

· Lalu hilangkan tanda centang pada “Turn off system restore in all drive”

· Klik Apply lalu Ok, setelah itu log off computer anda

Bersambung….



1 komentar:

  1. m komen, tapi g duwe laptop. so, numpang nampang ae

    BalasHapus